Cara Masuk Safe Mode Laptop untuk Windows 7 dan 10

Diposting pada

Bagaimana cara masuk safe mode laptop untuk windows 7 dan windows 10? Safe mode memang menjadi salah satu solusi yang bisa memecahkan berbagai masalah yang dialami windows.

Seperti diketahui, terkadang sistem operasi windows mengalami masalah atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan trouble shooting. Nah, untuk mengatasinya user perlu mengetahui cara masuk safe mode laptop.

Pada dasarnya cara masuk safe mode windows 7 dan windows 10 tidak jauh berbeda. Sebelum mengulas lebih lanjut mengenai cara masuk safe mode laptop, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu safe mode pada laptop.

Sekilas Tentang Safe Mode Pada Laptop

Safe mode laptop adalah salah satu fitur yang disediakan oleh windows untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi oleh user. Ketika Windows menjalankan mode ini, hanya ada beberapa driver penting saja yang diaktifkan.

Mengapa demikian? Tujuan utamanya yaitu untuk melindungi windows dari berbagai kerusakan atau error. Misalnya seperti gangguan dari virus yang masuk. Jadi, ketika ditanya safe mode windows 10 buat apa? Tentu saja untuk mengatasi trouble shooting.

Sebetulnya ada berbagai cara atau metode yang bisa digunakan untuk bisa masuk ke safe mode laptop HP serta laptop merek lainnya. Selama laptop tersebut menggunakan sistem operasi yang sama, maka cara masuk safe mode laptop yang dibutuhkan juga sama.

Apa Saja Fungsi Safe Mode Pada Laptop?

Mungkin anda sempat bertanya-tanya apa saja kegunaan safe mode pada laptop? Safe mode tentunya memiliki beberapa fungsi sehingga hingga saat ini masih sering digunakan oleh banyak user. Berikut beberapa fungsinya:

1.Mencari Sumber Error pada Komputer

Salah satu fungsi utama dari safe mode yaitu untuk mendeteksi sumber error. Safe mode dapat menghapus secara otomatis atau tidak mengakses sementara file yang bermasalah.
Setiap error yang terjadi pada komputer atau laptop tentu ada penyebabnya. Nah, disinilah peran penting safe mode karena dapat mendeteksi sumber dan penyebab error sehingha komputer atau laptop Anda tidak mengalami kerusakan yang parah.

2. Mendeteksi Masalah di Grafis dan VGA

Selain dapat mendeteksi masalah atau error pada bagian sistem operasi windows, set mode juga sangat berfungsi untuk mencari tahu apakah terdapat error di grafis atau VGA. Dengan memilih mode ‘Enable VGA’, safe mode akan mendeteksi kerusakan pada hardware serta driver yang digunakan.

3. Menghapus Virus

Sudah menjadi rahasia umum bahwa salah satu kerusakan pada komputer atau laptop disebabkan oleh virus. Terkadang anti virus yang digunakan tidak cukup untuk mencegah berbagai virus yang masuk.

Namun jangan khawatir karena virus tersebut dapat dideteksi melalui safe mode. Selain itu virus yang sudah telanjur masuk di komputer juga tidak bisa bergerak ketika Anda menghidupkan safe mode.

Jadi Anda bisa menghapus sejumlah file yang terdapat virus dengan menggunakan safe mode. Tenang saja karena software anti virus masih bisa diakses meskipun dalam safe mode yang diaktifkan.

4. Membuka System Restore

Sebetulnya system restore bisa dijalankan ketika komputer atau laptop sedang menggunakan mode normal. Hanya saja tak jarang terjadi error ketika driver sedang mengalami gagal booting.

Nah, ketika hal ini terjadi, Anda bisa masuk ke safe mode sehingga system restore tetap bisa diakses. Dengan mengaktifkan sistem ini, Anda juga bisa mengembalikan beberapa pengaturan seperti semula.

Cara Masuk Safe Mode Laptop

Namun, sayangnya masih banyak yang belum mengetahui caranya. Sebetulnya cara masuk safe mode laptop tidak rumit dan bisa dilakukan untuk sistem operasi windows 7 sampai windows 10.

Bagi Anda yang sedang ingin mencoba masuk ke safe mode ketahuilah cara berikut:

1. Masuk Melalui Menu ‘System Configuration’

Cara masuk safe mode windows 10 yang bisa Anda coba yaitu melalui menu ‘System Configuration’. Untuk membuka ini baik di windows 7 hingga windows 10, pengguna hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka kotak search di menu ‘Windows’.
  • Setelah kotak search terbuka, ketik ‘System Configuration’
  • Setelah jendela menu terbuka, Anda hanya perlu mengklik tombol ‘Boot’
  • Centang kotak opsi ‘Safe Boot’sesuai dengan error yang sedang dialami
  • Klik ‘Apply’, kemudian klik lagi tombol ‘OK’

Mungkin cukup membingungkan memilih salah satu, beberapa atau perlukah seluruh kotak opsi ‘Safe Boot’ dicentang? Bagi Anda yang masih awam, tentunya akan sulit memilih opsi tersebut. Berikut penjelasan dari 4 opsi yang muncul:

  • Minimal: Bisa dipilih untuk mengakses safe mode, tetapi hanya beberapa driver saja yang dapat diakses. Sementara itu, windows akan menampilkan tampilan yang standar.
  • Alternate Shell: Membuka safe mode melalui akses command prompt. Namun, alternatif ini tidak memungkinkan akses windows GUI terbuka.
  • Active Directory Repair: Bertujuan untuk masuk ke safe mode dengan akses ke komponen komputer. Pada umumnya, fitur ini digunakan ketika windows mengalami gagal instal terhadap perangkat baru.
  • Network: Opsi yang satu ini akan membuka safe mode dengan mengandalkan driver tambahan. Dengan begitu, user tetap bisa mengakses jaringan dengan tampilan windows yang standar.
2. Melalui Tombol F8

Bagaimana mencari safe mode? Cara berikutnya yang bisa Anda coba yaitu menekan tombol F8. Cara masuk safe mode laptop yang satu ini sudah sangat umum dan banyak dilakukan oleh user windows 7.

Sayangnya akses untuk membuka safe mode melalui tombol F8 sudah ditiadakan untuk windows 10. Jadi, cara ini tidak berlaku bagi pengguna laptop dengan sistem operasi Windows 10. Tujuannya yaitu untuk mempercepat booting windows.

Nah, bagi pengguna windows 7 dan 8 hanya perlu menekan tombol F8 sebanyak beberapa kali. Berikut langkah-langkahnya:

  • Tekan tombol F8 beberapa kali
  • Setelah muncul jendela menu Safe Mode, Anda bisa langsung memilih opsi yang diinginkan.
  • Klik tombol ‘Apply’, kemudian klik ‘OK’

Cara masuk safe mode laptop yang satu ini memang lebih mudah dan simpel. Cara ini juga menjadi jalan pintas untuk mengakses safe mode dengan waktu yang lebih cepat. Bagaimana tidak, Anda hanya perlu menekan tombol F8, lalu memilih opsi yang diperlukan.

3. Melalui Menu ‘Advanced Startup’

Cara masuk safe mode laptop yang berikutnya yaitu melalui menu ‘Advanced Startup’. Untuk mengakses menu ini, user harus membuka menu ‘Settings’ terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

  • Tekan tombol ‘Start’, kemudian pilih menu ‘Settings’
  • Klik ‘Update & Security’, kemudian pilih menu ‘Recovery’
  • Setelah masuk ke menu ‘Advanced Startup’, pilih opsi ‘Restart Now’
  • Setelah komputer melakukan restart, user akan diminta untuk memilih salah satu opsi. Sebaiknya pilihlah opsi ‘Troubleshoot’, lalu klik ‘Advanced Options’.
  • Jendela menu ‘Safe Mode’ akan ditampilkan dan Anda bisa memilih opsi yang diinginkan.

Itulah beberapa cara masuk safe mode laptop untuk Anda yang ingin mencobanya. Karena safe mode merupakan fitur penting yang bisa mengatasi berbagai masalah di sistem operasi windows, Anda bisa langsung mencobanya supaya lebih memahaminya.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.