Cara-Mengatasi-Laptop-Black-Screen

Jangan Panik! Inilah 7 Cara Mengatasi Laptop Black Screen

Diposting pada

Ada kalanya, layar laptop blank hitam setelah starting windows. Kejadian black screen ini bisa membuat panik karena ketakutan akan hilangnya data yang tersimpan di dalam Laptop. Untuk mengatasinya, di bawah ini kami menuliskan cara mengatasi laptop black screen.

Kondisi black screen atau layar hitam ini punya beberapa penyebab. Namun, umumnya orang tidak mengetahui dengan pasti sebab dari munculnya black screen ini. Untuk membawa ke pusat perbaikan pun memerlukan biaya yang mungkin tidak sedikit jumlahnya.

Jadi sebelum anda panik dan membawa laptop anda ke tempat perbaikan, anda dapat cek beberapa penyebab serta cara mengatasi laptop black screen di bawah ini.

Cara Mengatasi Laptop Black Screen

Saat layar laptop hitam setelah starting windows, anda tidak perlu panik terlebih dahulu. Di banyak kejadian, kondisi ini masih dapat diperbaiki sendiri. Data yang ada di dalam laptop pun belum tentu akan hilang.

Jadi, mari simak beberapa cara mengatasi laptop black screen berikut ini.

1. Pastikan Laptop Tidak Dalam ‘Sleep Mode’

Cara mengatasi laptop black screen pertama ialah pastikan laptop anda sedang tidak dalam keadaan ‘Sleep Mode’. Saat laptop dalam kondisi tidur, layar laptop akan berwarna hitam.

Untuk membangunkan laptop dari sleep mode, anda cukup dengan menekan tombol windows atau jendela pada keyboard. Kemudian, tekan tombol ctrl dan shift secara bersamaan sekaligus dengan tombol B.

2. Coba Isi Ulang Baterai Laptop

Coba Isi Ulang Baterai Laptop

Bila cara pertama tidak berhasil, penyebab laptop black screen kedua kemungkinan karena baterai laptop yang kosong. Jika itu terjadi, maka langsung isi ulang laptop anda. Perhatikan apakah laptop dapat memasuki layar windows atau tidak.

3. Matikan Laptop Dan Nyalakan Kembali

Apabila setelah anda isi ulang laptop baterai laptop dapat menyala namun tidak dapat memunculkan logo windows, maka coba cara ketiga ini. Matikan laptop anda terlebih dahulu dengan menekan tombol On/Off selama beberapa saat.

Pastikan laptop sudah dalam keadaan mati. Biasanya jika laptop masih menyala ditandai dengan lampu indikator laptop yang tidak bersinar. Setelah sudah memastikan laptop sudah tidak menyala, tekan tombol on/off kembali.

4. Ubah ke Safe Mode

Cara mengatasi laptop black screen keempat harus anda tempuh bila cara-cara diatas tidak bekerja. Dalam operasi sistem windows, safe mode merupakan salah satu fitur yang penting.

Umumnya seseorang akan beralih ke safe mode untuk memeriksa kesehatan sistem perangkat lunak dan driver pada laptop. Bila terjadi sesuatu seperti layar black screen pada windows 10, sebenarnya dapat diperiksa lebih dalam di safe mode.

Selain itu, akses ke safe mode juga ditempuh bila terjadi kerusakan pada perangkat lunak. Alasan kerusakannya beragam. Bisa karena laptop terserang virus, adanya ketidak kompatibilitas fitur, dan lainnya. Berikut ialah cara memasuki safe mode di windows 10 dibawah ini:

  • Klik tombol windows di keyboard anda, kemudian klik tombol power;
  • Lalu, tahan tombol shift sembari klik restart;
  • Bila gambar jendela sudah muncul, pilih opsi troubleshoot, kemudian pilih advance options;
  • Pada bagian startup settings, setelah itu klik restart;
  • lalu tekan tombol F4 (Enable safe mode), F5(Enable Safe mode networking), dan F6 (Enable Safe Mode with Command Prompt) di keyboard, Mode safe mode akan berjalan setelahnya.

Baca juga

5. Hapus File Mencurigakan di Safe Mode

Setelah memasuki safe mode, disana anda bisa cek apakah ada file dan software yang mencurigakan. Bisa jadi itulah alasan laptop blackscreen yang terjadi kepada perangkat anda. Saat sudah berhasil memasuki safe mode, maka ikuti cara di bawah ini:

  • Pilih opsi start, kemudian pilih setting, lalu application/system, setelah itu application and features;
  • Periksa apakah anda melihat ada software mencurigakan atau file yang tidak biasa, bila ada, segera klik file tersebut dan klik delete installations
  • Tunggu sesaat hingga file mencurigakan tersebut selesai terhapus, kemudian restart laptop anda.

6. Cek Kabel Video Card

Saat menyadari bahwa kerusakan software bukanlah penyebab laptop menjadi black screen, maka cara mengatasi laptop black screen selanjutnya adalah memeriksa komponen video card atau kartu grafis.

Pasalnya, kartu grafis ini berfungsi untuk menampilkan tampilan di layar laptop anda. Bila terjadi kerusakan pada part ini, maka layar laptop anda akan black screen. Untuk memperbaikinya, periksa apakah kabel terlepas atau rusak.

Bila kondisi kabel terlihat baik-baik saja, Bila anda bisa coba uninstall dan lepas video card dari laptop anda. Kemudian pasang dan install kembali lewat menu device manager.

7. Install Ulang Windows Kembali

Cara mengatasi laptop black screen yang satu ini merupakan cara terakhir yang bisa coba anda tempuh sebelum memutuskan membawa laptop anda ke tempat perbaikan. Jika laptop di install ulang, sayangnya data-data yang ada di partisi sistem akan terhapus selamanya.

Bila anda ingin mencoba menyelamatkan data laptop anda, anda bisa membongkar harddisk internal di laptop dan pasang di case harddisk eksternal.

Penyebab Laptop black screen

Ketika layar laptop menjadi black screen, umumnya itu menunjukkan ada sesuatu yang salah dengan kondisi laptop anda. Sayangnya, anda tidak akan langsung tahu apa penyebab dari blank nya layar laptop karena tidak ada satupun petunjuk akan pemicunya.

Bila tidak cermat, anda bisa mengira laptop anda sudah rusak atau tidak dapat berfungsi Kembali. Padahal masih ada cara untuk memperbaiki laptop black screen. Terutama bila yang black screen yang hanya ada kursor.

Oleh karena itu, umumnya penyebab black screen pada laptop atau pc adalah sebagai berikut:

1. Pembaruan Driver Grafis

Alasan laptop black screen pertama yang sering terjadi ialah muncul setelah driver grafis diperbaharui. Kemungkinan ini terjadi karena pembaruan tidak kompatibel dengan spesifikasi laptop anda.

2. Kesalahan dalam penginstalan Windows

Penyebab yang kedua ialah adanya kesalahan atau error saat install windows ke laptop. Kesalahan ini bisa beragam pemicunya. Ada yang karena spesifikasi laptop yang tidak sepadan dengan spesifikasi windows, instalasi dipaksa berhenti di tengah jalan, dan sebagainya.

3. Sistem perangkat Terserang Virus

Ketiga, virus yang menyerang laptop anda bisa menyebabkan black screen. Maka dari itu, baiknya anda tidak memasang software ataupun membuka file yang mencurigakan.

4. Laptop Anda Overheat

Terakhir, pastikan anda tidak memakai terus-menerus menggunakan laptop anda. Beri laptop anda jeda waktu untuk beristirahat. Bila selalu dinyalakan, laptop anda berpotensi menjadi overheat atau kepanasan.

Laptop yang terlalu panas dapat memicu kerusakan komponen-komponen tertentu di dalam laptop. Terutama perangkat yang terbuat dari plastik atau karet seperti kabel.

Penutup

Ketika black screen terjadi pada layar laptop anda, jangan khawatir! Coba terlebih dahulu cara mengatasi laptop black screen diatas. Bila semua cara sudah dilakukan namun layar tetap blank, baru anda bisa coba menghubungi tempat servis laptop terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.