Tak Perlu Risau, Inilah Cara Mengatasi Laptop Lemot

Diposting pada

Masih banyak diantara pengguna mengeluhkan laptop kerap menjadi lebih lemot. Sebenarnya bisa jadi hal itu bukan 100% kesalahan dari sistem operasi, namun karena laptop memang terlalu tua atau terdapat virus di dalamnya. Simak cara mengatasi laptop lemot berikut. 

Seperti produk elektronik lain, laptop sewajarnya mengalami penurunan performa, meski spesifikasinya tergolong tinggi, apalagi jika pengaturan pada laptop kurang maksimal. Nah, berikut merupakan penyebab dan cara mengatasi laptop lemot. 

Penyebab Laptop Lemot 

Ada beberapa hal yang bisa menjadi apa penyebab laptop loading lama setiap kali menjalankan suatu program atau aplikasi. Umumnya, permasalahan berikut yang menjadi penyebab utamanya. 

  • Kenapa laptop responnya lambat? Alasan pertama bisa disebabkan banyaknya aplikasi yang berjalan pada background dan otomatis aktif, ini membuat kinerja perangkat berat serta membutuhkan proses booting yang memakan waktu. 
  • Usia harddisk terlalu lama, sehingga proses read and write berjalan lambat. Efeknya berpengaruh terhadap performa laptop keseluruhan. 
  • Sebelum mencoba cara mengatasi laptop lemot, cek terlebih dahulu kapasitas harddisk, bila sudah penuh, ini menyebabkan kinerja berat dan membuat laptop lemot. 
  • Selanjutnya, mengapa windows 10 lambat? Bisa jadi banyak temporary files yang memenuhi ruang hardisk dan menjadikan laptop sangat lambat. 
  • Terkadang mengapa cara mengatasi laptop lemot banget tidak efektif, hal ini karena adanya program berat yang tidak disupport oleh processor, sehingga memperlambat. 
  • Sekarang banyak kebutuhan yang menggunakan laptop. RAM laptop yang terlalu kecil, akan membuat laptop agak lemot. 
  • Alasan ini tidak dapat dipungkiri, yakni laptop yang sudah tua, sehingga spesifikasinya tidak dapat mengejar perkembangan teknologi. 
  • Nah, alasan yang terakhir perlu Anda waspadai yaitu laptop yang terkena serangan virus. 

Cara Mengatasi Laptop Lemot 

Sistem operasi yang terdapat pada laptop saat ini banyak menghadirkan berbagai fitur baru yang lebih memudahkan pekerjaan. Namun, nyatanya tidak semua laptop dapat mengikuti perkembangan fitur. Karena itu Anda perlu tahu cara mengatasi laptop lemot. 

Sebagai solusi ada beberapa cara mengatasi laptop lemot windows 7,  windows 8, windows 10, dan windows 11 yang bisa Anda coba dengan mudah. Berikut ini penjelasan lengkap setiap tahapnya. 

1. Hapus File Temp Secara Rutin 

Langkah awal Anda bisa mencoba cara mengatasi laptop lemot tanpa aplikasi. Jika Anda belum tahu file temp merupakan hasil ekstrak aplikasi besar atau editing desain dengan menggunakan aplikasi tertentu.  

Masih banyak diantara pengguna laptop lupa atau bahkan tidak tahu jika dalam laptop terdapat file ini. Pada umumnya file temp tersimpan otomatis, dan jika tidak rutin dihapus bisa menumpuk dan menyebabkan memori cukup berkurang. 

Apabila dibiarkan semakin banyak maka semakin besar juga risiko laptop menjadi lemot. Karena itulah Anda bisa menghapus file temp tersebut secara berkala sebagai salah satu cara mengatasi laptop lemot 

Langkah untuk menghapus file temp sebagai berikut:  

  • Pertama dengan cara mengatasi laptop lemot Windows + R. Tekan tombol tersebut secara bersamaan 
  • Kemudian, pada kolom pencarian ketik %temp%, dan Enter.  
  • Selanjutnya, tekan tombol kombinasi CTRL + A bersamaan 
  • Langkah terakhir, tekan tombol Shift + Del pada keyboard untuk menghapus keseluruhan file temp yang terdapat dalam folder tersebut. 
2. Manfaatkan Penyimpanan Pada Cloud 

Apabila kapasitas laptop Anda tidak seberapa dalam hal penyimpanan, mungkin Anda dapat mencoba cara cepat mengatasi laptop lemot dengan memindahkan file-file pilihan Anda ke dalam penyimpanan cloud. 

Cloud storage atau ada juga yang menyebutnya penyimpanan awan, merupakan layanan alternatif bagi pemilik laptop dengan kapasitas hard disk internal yang kecil. Dengan demikian, Anda dapat mengatasi kasus memori internal yang penuh. 

Cloud yang berfungsi untuk penyimpanan file, sangat membantu sebagai cara mengatasi laptop lemot. Cloud juga bisa dimanfaatkan untuk berbagi file lebih praktis. Rekomendasi cloud antara lain iCloud, OneDrive, Dropbox, Google Drive, MediaFire, dan Amazon Drive. 

3. Minimalisasi Shortcut Desktop dan Aplikasi Startup 

Cara mengatasi laptop lemot saat baru dinyalakan, coba Anda perhatikan shortcut aplikasi pada laptop Anda dan juga aplikasi startup otomatis. Karena menaruh banyak aplikasi di desktop bisa menyebabkan laptop menjadi lemot.  

Jika spesifikasi laptop cukup, hal ini tidak akan menjadi masalah. Namun, dalam beberapa persoalan adanya terlalu banyak aplikasi pada desktop akan menyebabkan laptop lama merespon perintah user. 

Selain itu, cara mengatasi laptop lemot adalah jangan sampai banyak aplikasi yang berjalan saat startup (turn on). Anda bisa melakukan pengaturan dengan mematikan beberapa aplikasi tertentu, terdapat pada task manager, lalu pilih menu startup, dan klik End Task. 

Perhatikan aplikasi yang sedang berjalan saat laptop dinyalakan. Cara mengatasi laptop lambat saat dihidupkan, yakni usahakan jangan banyak aplikasi yang berjalan otomatis, karena hal itu secara tidak langsung memakan kapasitas RAM. 

4. Bersihkan File Folder Prefetch 

Selain dengan menghapus folder temp, cara mengatasi laptop lemot padahal aplikasi sedikit, cobalah untuk rutin juga menghapus file-file yang bersarang di folder prefetch. Prefetch berfungsi untuk merekam detail tentang data dan informasi suatu program.  

Maksudnya, windows akan mentracking segala aktivitas komputer ketika load program dan program yang sering dijalankan. Umumnya folder ini berada di penyimpanan drive C:/Windows/prefetch.  

Langkah cara mengatasi laptop lemot dengan menghapus file dalam folder Prefetch dengan mudah baik pada laptop acer maupun asus atau yang lainnya, sebagai berikut : 

  • Tekan secara bersamaan Windows + R.  
  • Ketik prefetch, lalu Enter.  
  • Biasanya akan muncul pesan pop-up izin administrator, klik saja OK.  
  • Selanjutnya Anda bisa tekan tombol Shift + Del jika berniat menghapus seluruh file dalam folder tersebut. 
5. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai 

Agar kapasitas laptop lebih efektif, maka perlu cara mengatasi laptop lemot dan sering not responding. Caranya, hapuslah drive atau biasa disebut uninstall aplikasi. Uninstall berarti Anda menghapus secara penuh aplikasi yang pernah diinstal sebelumnya.  

Aplikasi yang terlalu banyak sangat berpengaruh membuat kinerja laptop lemot. Oleh karena itu, menghapus beberapa aplikasi yang jarang diperlukan sangat membantu sebagai cara mengatasi laptop lemot 

Untuk detail proses uninstall aplikasi sebagai berikut: 

  • Masuk ke Control Panel, Anda bisa mencarinya lewat taskbar pencarian dekstop 
  • Klik pada opsi Programs and Features.  
  • Seleksi jenis aplikasi yang tidak penting, kemudian klik kana, dan pilih Uninstall. 
  • Agar tidak bersisa, bersihkan file yang terdapat pada drive, khususnya drive C. periksa satu atau beberapa area hard drive. 
  • Buka File Explorer > tekan This PC > lalu buka pada opsi direktori C, dan hapus bila masih terdapat bagain aplikasi yang Anda uninstall. 
6. Stop Visual Effect yang Berlebihan 

Jalan lain cara mengatasi laptop lemot dan cepat panas adalah dengan mematikan visual effect yang tidak diperlukan atau dirasa berlebihan untuk kapasitas penggunaan laptop Anda. Cara mematikannya, Anda bisa mengikuti langkah berikut: 

  • Cara mengatasi laptop lemot dengan mematikan visual effect yang pertama buka menu Windows Explorer. 
  • Ketik “This PC”, lalu klik kanan dan tekan pada menu Properties. 
  • Sekarang pilih “Advanced System Settings” yang terdapat di bagian Performance. Kemudian klik “Setting”. 
  • Terakhir, ubah pilihan menjadi Custom menggunakan visual effect yang sekiranya tidak memberatkan laptop Anda. 
7. Install Aplikasi Sesuai Spesifikasi Laptop 

Saat Anda membeli laptop, pastikan sudah mengetahui spesifikasi laptop tersebut. Dengan demikian, bisa menyesuaikan penggunaannya sesuai fungsi. Salah satu cara mengatasi laptop lemot membuka aplikasi, pilih software yang sesuai dengan spesifikasi yang tertera. 

Ada laptop yang memang dikhususkan bagi pelajar maupun pekerja biasa dengan penggunaan aplikasi yang ringan, atau laptop dengan spesifikasi besar seperti yang digunakan editor video, desainer grafis, maupun gamers. 

Apabila laptop hanya dibekali dengan spek standar untuk kebutuhan mengetik dan browsing. Maka, cara mengatasi laptop lemot jangan paksakan menginstall aplikasi dengan ukuran yang besar atau melebihi spek laptop, karena justru akan membuat laptop lambat. 

8. Mempercepat Kinerja dengan CMD 

Cara mengatasi laptop lemot dengan cmd mungkin terlihat sedikit rumit, namun Anda tidak perlu khawatir ikutilah panduan berikut dengan saksama. Ada beberapa pilihan metode dibawah ini yang dapat Anda coba. 

a. Menggunakan Fitur Scanning 

Metode pertama cara mengatasi laptop lemot dan untuk mempercepat kinerja laptop dengan cmd adalah dengan mengaktifkan fitur scanning. Berikut langkah penggunaannya:  

  • Langkah awal tekan kombinasi Window + X + A pada keyboard, atau bisa juga melalui pencarian CMD pada taskbar Run as Administrator.  
  • Saat halaman CMD sudah nampak, ketik perintah sfc / scannow, kemudian tekan Enter. 
  • Tunggu selama beberapa saat sampai proses scanningnya terselesaikan.  
  • Sekarang, ketikkan perintah chkdsk /r, lalu pilih “Ya” 
  • Apabila semua proses telah selesai, Anda bisa merestart laptop agar hasil optimal. 
b. Menggunakan syntax net.exe stop Superfetch 

Metode berikut sangat bisa Anda terapkan sebagai cara mengatasi laptop baru lemot. Membuka CMD memang terasa memainkan coding, namun yakinlah cara ini cukup mudah dan simple. 

  • Seperti tadi masuklah ke halaman command dengan menekan kombinasi tombol Window + X + A atau bisa lakukan pencarian melalui Run as Administrator.  
  • Setelah halaman CMD terbuka untuk cara mengatasi laptop lemot, ketikkan syntax “net.exe stop Superfetch”, selanjutnya Anda tekan langsung tombol Enter. 
  • Selain itu, ketikkan syntax net.exe stop “Windows Search”, dan tekan kembali tombol Enter. 
  • Sekarang tinggal menunggu sampai prosesnya selesai keseluruhan. 
  • Anda akan langsung merasakan perbedaan kinerja penggunaan laptop setelahnya. 
c. Mode Ultimate Performance 

Pilihan cara mengatasi laptop lemot menggunakan cmd terakhir adalah mengaktifkan mode ultimate performance, sayangnya cara mengatasi laptop lemot saat browsing yang satu ini hanya bisa dilakukan untuk jenis laptop desktop saja.  

Berikut urutan langkahnya:  

  • Tekan secara bersamaan tombol Window + X + A atau melalui pencarian Run as Administrator > CMD 
  • Salin persis perintah berikut: powercfg -duplicatescheme e9a42b02-d5df-448d-aa00-03f14749eb61, kemudian tekan Enter  
  • Tunggu selama beberapa waktu sampai prosesnya bener-benar selesai 
  • Apabila sudah, carilah menu “Power & Sleep Settings”, lanjutkan pada “Related Settings”, dan klik bagian “Additional Power Settings” 
  • Sekarang, Anda dapat memilih mode Ultimate Performance. Selesai. 

Memang mode Ultimate Performance ini bisa efektif membuat kinerja laptop berjalan semakin cepat, namun ada konsekuensi konsumsi energinya yang juga sangat besar. Jadi, sebaiknya gunakan secara bijak saat memilih mode Ultimate Performance. 

9. Terapkan Antivirus Mutakhir 

Pilihan selanjutnya bagaimana cara mengatasi laptop lemot, adalah dengan menduga adanya virus. Pastikan bahwa Anda mengeceknya berkala dan melakukan update pada antivirus. Karena, banyak dijumpai, alasan laptop menjadi lemot adalah terserang virus atau malware. 

Cara mengatasi laptop lemot dan mencegah penurunan performa laptop akibat virus, usahakan Anda telah memasang antivirus terbaik dan menghindari segala kemungkinan yang menyebabkan serangan dari berbagai virus. 

Selain itu, jangan lupa update antivirus agar berbagai macam virus baru dapat terbaca dengan antivirus yang sudah diinstall. Hal ini berfungsi agar antivirus dapat terus mendeteksi berbagai macam virus yang ingin menyerang laptop Anda. 

10. Mengganti Memori HDD ke SSD 

Jika Anda ingin cara mengatasi laptop lemot saat buka browser yang cukup signifikan hasilnya, cobalah ganti jenis memori HDD menjadi SSD. Upgrade HDD laptop ke SSD (Solid State Drive) diperlukan terlebih apabila Anda tipikal yang tidak rajin mengelola hard drive. 

Mungkin sebenarnya Anda menyadari salah satu penyebab laptop lemot adalah penggunaan hardisk HDD yang memiliki kecepatan data relatif lambat. Cara mengatasi laptop lemot sebaiknya Anda beralih dari penyimpanan HDD di laptop ke penyimpanan SSD. 

Meski harganya terbilang lebih mahal, namun cara ini ampuh untuk mengatasi laptop lemot. Karena SSD bisa membantu proses booting lebih cepat dan responsif. Ditambah laptop ataupun notebook keluaran terbaru saat ini sebagian besar dibekali dengan SSD built-in. 

11. Menambah Kapasitas RAM 

Apa yang harus dilakukan saat laptop ngelag? Padahal berbagai cara sudah berusaha dilakukan. Maka, cara mengatasi laptop lemot yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan kapasitas RAM. 

Semakin besar kapasita RAM pada, maka semakin besar pula kemampuan laptop dalam menjalankan program, terlebih jika banyak software yang membutuhkan ruang memori. Sudah pasti RAM yang Anda butuhkan semestinya besar. 

Sebagian besar laptop biasanya hanya dibekali kapasitas RAM antara 2 sampai 4GB saja. Jika kebutuhan Anda menggunakan laptop cukup multitasking, sebaiknya Anda meningkatkan menjadi 8GB. 

RAM 8GB rasanya sudah cukup untuk mengakomodasi kebutuhan kerja. Namun, apabila Anda membutuhkan pemrosesan yang lebih cepat, bisa juga mempertimbangkan upgrade RAM mencapai 16GB atau 32GB. 

Menambah RAM akan mempercepat kinerja laptop dan tidak mudah lemot. Pada saat menambahkan RAM, jangan lupa perhatikan spesifikasi RAM yang sesuai, seperti jenis RAM DDR3, RAM DDR3L atau RAM DDR4. 

Selain itu, yang tidak kalah penting jangan sampai lupa untuk memeriksa terlebih dahulu sebelumnya berapa kapasitas maksimal upgrade RAM yang bisa diaplikasikan pada laptop kesayangan Anda. 

12. Menghapus Backup Windows Update 

Alternatif terakhir, yang dapat Anda coba untuk mengatasi laptop lemot yakni dengan menghapus backup dari Windows Update yang terpasang pada laptop Anda. File backup biasanya tidak diperlukan dan jika dibiarkan menumpuk menyebabkan laptop menjadi lemot.  

Untuk menghapus file backup tersebut Anda perlu melakukan langkah berikut: 

  • Ketikkan “Disk Cleanup” pada kolom taskbar search.
  • Pilih drive yang akan dianalisis, missal local disk C.  
  • Klik ‘Oke’, lalu tunggu sampai hasilnya muncul.  
  • Beri tanda ceklis, dengan cara klik satu per satu file yang akan dihapus. Lalu tekan OK. 

Demikian sedikit penjelasan bagaimana cara mengatasi laptop lemot yang bisa Anda lakukan. Setiap laptop tentu memiliki masalah masing-masing, sehingga Anda harus mendeteksi terlebih dahulu sebelum memperbaikinya. Selamat mencoba! 

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.